Menuju 1000 Profesor di Indonesia!

   +62 812 1409 8443  Perum. Manglayang Regency Blok C9 No. 9 Bandung

Gandeng Editor Jurnal SINTA 2 UNPAD : FEBI UIN SGD Bandung Komitmen Perkuat Kualitas Jurnal Ilmiah

goacademica.com – Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) UIN Sunan Gunung Djati Bandung menyelenggarakan Workshop Penguatan Kualitas Jurnal di lingkungan FEBI yang berlangsung di Ruang Rapat, Senin (4/12/2023).

Para pengelola jurnal di tingkat fakultas dan program studi sebagai pesertanya yang dibuka oleh Wakil Dekan 1 Dr. Iwan Setiawan.

Dalam sambutannya, Dr. Iwan menyampaikan urgensi kualitas jurnal bagi fakultas. “Di dunia akademisi, utamanya di institusi pendidikan, setelah dilahirkan jurnal itu harus dirawat, dan ini bukanlah hal yang mudah. Di FEBI sendiri ada 7 jurnal, yakni 2 jurnal di tingkat fakultas dan 5 jurnal di tingkat program studi. Semuanya di support fakultas untuk mendukung para pengelola dan pengoperasiannya. Oleh karenanya, diharapkan jurnal-jurnal di FEBI sudah siap untuk mengasah kualitas yang sustainable,” tegasnya.

Kegiatan ini menghadirkan 2 narasumber yakni Idil Akbar, S.IP M.IP dari eksternal, selaku pengelola Jurnal Ilmu Pemerintahan Unpad dan Avid Leonardo Sari SE, MM dari internal FEBI ini menjadi upaya memotivasi dan meyakinkan para pengelola jurnal baik di tingkat fakultas maupun program studi untuk senantiasa berkomitmen dalam mengelola jurnal.

“Pengelolaan jurnal yang baik kuncinya 2 yakni menjalankan tata kelola editorial sesuai standar penerbitan lalu menjaga mutu penyuntingan subtansi, gaya, dan format. Hal ini menjadi tantangan tersendiri mengingat banyaknya tantangan yang harus dihadapi para pengelola jurnal, selain komitmen perseorangan, kendala biasanya di sumber daya manusia dan pengelolaan,” jelas Idil.

Selain itu, perspektif pengelolaan jurnal dari sisi lain juga disampaikan oleh Avid. “Di jurnal ada yang disebut dengan ekosistem ilmiah. Jika kita bisa menjaga ekosistem tersebut maka proses pengelolaan jurnal akan berjalan dengan baik. Pengelolaan jurnal itu sendiri berawal dari sebuah proses pemasaran, bagaimana caranya agar orang-orang tertarik berkontribusi menulis di jurnal tersebut, kuncinya adalah tata kelola jurnal dan komitmen pengelolaan,” tambah Avid.

Banyak peran yang peru dijalankan dalam pengelolaan jurnal, “hal ini membutuhkan komitmen dan dedikasi dari para pengelolanya. FEBI secara total mendukung para pengelolaan jurnal di tingkat fakultas maupun program studi guna mencapai kualitas kepenulisan dan publikasi sivitas akademik yang berkelanjutan,” pungkasnya (NRA)

disalin dari : uinsgd.ac.id

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Email

Recent Post

Hubungi Kami
1